Nokia Bakal Saingi Siri dan Cortana, Dengan Luncurkan Asisten Suara Bernama Viki?

Asisten Suara Bernama Viki - Nokia
UniUnik – Nokia tampaknya tak akan menyia-nyiakan peristiwa penting kembalinya perusahaan ke industri hp. Selain sudah membuat legal hp Android Nokia 6, kini perusahaan berbasis di Finlandia itu diinformasikan tengah garap pembantu suara virtual pesaing Siri, Cortana, dan Google Assistant yang disebut Viki.

Bocoran informasi yang mengklaim Nokia menyiapkan pembantu suara virtual ini terungkap berkat sebuah dokumen pengajuan merk di Uni Eropa yang dikasih nama Viki. Dokumen, lebih lanjut mendeskripsikan sebagai, ‘software for the creation and monitoring of mobile and situs assistants working with digital knowledge and combining all data sources into a single chat and voice-based interface.‘

Kendati demikian, sedangkan tampaknya Nokia tengah menggarap software pembantu suara virtual untuk perangkat mereka, tapi spekulasi yang beredar justru menyebut bahwa Viki yaitu proyek lain dari perusahaan. Tidak dapat dipungkiri lagi, kehadiran pembantu suara virtual pada hp memang tengah menjadi wabah positif.

Share this

Back To Top